Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • PT. Indocitra Logistics Express
blog-img-10

Posted by : Toni Ariawan

Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3)

Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3)

Apa itu K3?

1. Adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja bagi tenaga kerja maupun orang lain di tempat kerja.
2. K3 diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 1/1970 tentang keselamatan kerja yang mendefinisikan tempat kerja sebagai ruangan atau lapangan, tertutup atau terbuka, bergerak atau tetap dimana tenaga kerja bekerja. Termasuk tempat kerja ialah semua ruangan, lapangan, halaman dan sekelilingnya yang merupakan bagian-bagian atau berhubungan dengan tempat kerja tersebut.

Mengapa K3 di Lingkungan Perusahaan itu Penting?

1. Bila sebuah perusahaan mempekerjakan pekerja, maka lingkungan perusahaan menjadi tempat kerja bagi karyawannya, karyawan berhak atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
2. Pada umumnya kita menganggap bahwa perusahaan merupakan lingkungan yang aman. Namun sebenarnya ada banyak sumber bahaya kerja dalam lingkungan perusahaan, seperti: peralatan listrik, armada, barang - barang, kompor gas, pisau, tindakan kriminal, ergonomi (posisi kerja), dsb.

Pengelompokkan Jenis Bahaya
Jenis – jenis bahaya dapat dikelompokkan sbb :

A. Aparatus atau terjepit yaitu jenis bahaya yang disebabkan terjepitnya anggota badan oleh sesuatu, contohnya jari tangan terjepit di sela – sela pintu.
B. Big heavy yaitu anggota badan tertimpa benda berat contoh jari – jari kaki tertimpa barang dengan berat lebih dari 30 kg
C. Car yaitu jenis kecelakaan anggota badan tertabrak oleh benda bergerak sejenis kendaraan bermotor
D. Drop yaitu anggota badan terjatuh akibat terantuk benda atau yang lainnya dimana peletakkannya tidak standar
E. Electricity yaitu semua jenis kecelakaan yang disebabkan oleh listrik seperti kesetrum dll
F. Fire yaitu semua jenis kecelakaan yang disebabkan oleh api seperti kebakaran dll

Pelatihan memadamkan api menggunakan APAR

Salah satu jenis bahaya yang sering terjadi diperusahaan perusahaan adalah jenis bahaya F (Fire), untuk itu managemen perusahaan menganggap penting masalah bahaya fire ini dan meminta kepada jajarannya untuk menyiapkan alat pemadam api dilingkungan perusahaan dan melakukan pelatihan untuk seluruh karyawannya secara rutin.

Pelatihan Apar

Pelatihan memadamkan api menggunakan APAR 

Pelatihan Apar 2

Latihan memadamkan api oleh security

Pelatihan Apar 3

Salah satu staf wanita mencoba memadamkan api