Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • PT. Indocitra Logistics Express
blog-img-10

Posted by : Toni Ariawan

APASIH PERBEDAAN ANTARA PENGIRIMAN CARGO DENGAN EKSPEDISI?

Dengan menjamurnya pebisnis di Indonesia, mulai dari bisnis dibidang Fashion, Makanan & Minuman, Elektronik dan Spare part lainnya. Perusahaan jasa pengiriman mengambil peluang dengan terus berlomba-lomba mengeluarkan berbagai jenis layanan agar dapat memenuhi kebutuhan para pebisnis. Mulai dari pengiriman regular sampai pengiriman same day yang belakangan ini menjadi primadona di hampir seluruh perusahaan jasa pengiriman. Bahkan setiap perusahaan pengiriman saling bersaing tanpa ragu memberikan value dan keuntungan berbeda dari layanan pengiriman same day dalam menarik minat pelanggan. Sebelum adanya pengiriman same day, kita tentunya sudah lebih familiar dengan pengiriman ekspedisi regular dan pengiriman kargo.

Dalam artikel kali ini, ACCESS ingin mengingatkan anda kembali mengenai jenis-jenis kelompok usaha antara jasa pengiriman ekspedisi dan jasa pengiriman cargo.

Pada dasarnya, kedua jenis pengiriman ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mengirim barang atau paket. Perbedaannya terletak pada jumlah muatan atau kapasitas barang yang dikirim dalam satu kali pengiriman. Pengiriman ekspedisi merupakan pengiriman barang dalam skala yang relatif kecil. Kebalikannya, pengiriman kargo merupakan pengiriman dalam skala besar.

Dari penjelasan singkat ini, kita bisa melihat bahwa hal yang membedakan kedua jenis pengiriman ini adalah jenis layanan yang diberikan bagi kelompok usaha.

Simak penjelasan lengkapnya pada poin di bawah ini ya.

1. Pengiriman Ekspedisi

Pengiriman ekspedisi biasanya tidak memperhatikan pada minimal berat. Barang yang beratnya satu kilogram pun bisa dikirim melalui pelayanan pengiriman ekspedisi. Konsumen yang ingin menggunakan layanan ini biasanya dapat datang langsung ke cabang gerai perusahaan pengiriman dan membawa barang yang akan dikirim atau juga meminta kurir jasa pengiriman untuk menjemput barangnya di tempat, karena biasanya pengiriman ekspedisi memberikan layanan door to door untuk konsumennya. Tarif ongkos kirim dari pengiriman ekspedisi ditentukan berdasarkan berat per kilogram.

2. Pengiriman Kargo

Seperti yang dijelaskan di atas, pengiriman kargo memang lebih menekankan kepada pengiriman dalam jumlah partai, mulai dari pengiriman partai sedang sampai partai yang sangat besar. Pada umumnya, minimum berat yang masuk ke dalam kategori pengiriman cargo adalah barang dengan minimum rata-rata 10 kg sampai 50 kg.

Keuntungan menggunakan jasa pengiriman kargo yang paling menonjol adalah dari segi harga atau ongkos kirim yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan tarif pengiriman ekspedisi. Jika kamu memilih menggunakan pengiriman kargo, hal menguntungkan lainnya yang kalian bisa dapatkan dari pengiriman kargo yaitu layanan jemput paket di tempat (pick up). Jadi, dengan partai pengiriman yang cukup banyak customer tidak perlu repot mengantar paket karena dari pihak kargo akan menjeput paket dan mengantarkannya ke tempat tujuan.

Tertarik untuk menggunakan jasa layanan cargo untuk bisnis usaha? Berikut ACCESS memberikan informasi mengenai tips yang harus anda ketahui sebelum menggunakan jasa pengiriman cargo, mari kita simak.

Trik menggunakan layanan pengiriman kargo:

1. Jika anda ingin menggunakan jasa pengiriman kargo tetapi barang yang dikirim belum memenuhi kuota minimum berat, anda dapat mengajak teman seller anda untuk join kirim bareng dengan barang punyamu. Ongkos kirimnya dapat dibagi dua dan membuat ongkos kirim menjadi lebih hemat.

2. Pengiriman dengan kargo memang sangat cocok untuk anda yang biasa melakukan pengiriman dalam jumlah besar, seperti pebisnis grosiran. ACCESS merupakan jasa pengiriman spesialis partai besar (kargo), Kami menawarkan jasa bisa pick-up gratis di tempat anda dengan harga yang sangat kompetitif dengan jasa pengiriman kargo lainnya.

Penasaran? Yuk, klik www.accesslogistik.com untuk info lebih lengkapnya